Beranda | Artikel
Nasihat Syaikh al-Fauzan Seputar Masalah Parkir
Rabu, 26 Maret 2014

Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah pernah ditanya :

أحسن الله إليكم صاحب الفضيلة وجزاكم الله خيرا ، وهذه أسئلة كثيرة قبل أن أعرضها على فضيلتكم ، مجموعة من الجيران أيها الأخوة يشكون ممن يسدون عليهم أبواب بيوتهم وقد تشكى في الأوراق عدد منهم لا سيما في الجهة الجنوبية .

“Semoga Allah mencurahkan kebaikan kepada anda [guru] yang mulia, dan semoga Allah membalas anda dengan kebaikan yang lebih besar. Ini ada banyak pertanyaan yang masuk. Akan tetapi sebelum saya paparkan kepada anda, ada sekelompok tetangga -wahai saudara-saudara sekalian- mereka mengeluhkan tentang orang yang menghalangi pintu-pintu [gang] rumah mereka -karena memarkir kendaraan mereka di sana, pent-. Sejumlah orang diantara mereka mengeluh melalui kertas, terutama di bagian [masjid] sebelah selatan.”

Beliau menjawab :

نحن قلنا لكم أكثر من مرة ، لا توقفوا السيارات أمام أبواب الناس ، الناس يريدون يدخلون ويطلعون ويحمّلون أشياء ، فلا تؤذوا الناس جزاكم الله خيرا ليس لازما أن توقف سيارتك عند المسجد ، أوقفها في مكان ولو بعيدا عن المسجد ، لا تؤذ أحداً ولا تضايق أحداً . نعم .

“Kami dahulu sudah berpesan kepada kalian, sudah berulang kali. Janganlah kalian memarkir kendaraan/mobil-mobil di depan pintu [rumah] orang-orang. Orang-orang itu juga ingin masuk -rumah-, ada keperluan di sana, dan membawa masuk barang-barang ke dalamnya. Oleh sebab itu jangan mengganggu orang-orang -warga sekitar-, semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang lebih besar. Tidak harus anda memarkir kendaraan di samping masjid. Parkirkan saja ia di tempat lain -kalau kondisi memang tidak memungkinkan di dekat masjid, pent-. Parkirkan saja kendaraan anda di suatu tempat, walaupun itu agak jauh dari masjid. Jangan mengganggu siapa pun dan jangan menyempitkan/menyusahkan siapa pun. Na’am.”


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/nasihat-syaikh-al-fauzan-seputar-masalah-parkir/